Kamis, 08 Mei 2014

Fadhilah Surat Al Ikhlas

Assalamualaikum wr wb
                             
Al Ikhlas surat yang pendek ini kebanyakan sudah banyak yang hafal, tapi tahukah anda apabila surah ini begitu besar, surah yang mengandung tauhid ini menjadi landasan bagi umat islam pada masa Rasolullah, sahabat dan tabi'in untuk meraih kejayaan, dengan keyakinan tauhid umat islam kala itu menjadi umat pilihan yg berhasil menaklukan berbagai kerajaan besar di dunia

nah.. !! apa saja pelajaran yang dapat kita ambil dalam surat al ikhlas sebagai bekal dalam kehidupan ini

 Surah Al Ikhlas

﴾قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١           Katakanlah: “Dia-lah Allah, yang Maha Esa

﴾اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢                Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu

﴾لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣           Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

﴾وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤   Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.

Sebab Turunnya Surah Al Ikhlas
Ada beberapa hadits yang menjelaskan Asbabun Nuzul surah ini yang mana seluruhnya mengacu pada inti yang sama yaitu jawaban atas permintaan penggambaran sifat-sifat Allah dimana Allah itu Esa (Al-Ikhlas [112]:1), segala sesuatu tergantung pada-Nya (Al-Ikhlas [112]:2), tidak beranak dan diperanakkan (Al-Ikhlas [112]:3), dan tidak ada yang setara dengan Dia (Al-Ikhlas [112]:4).

Suatu saat baginda Rosulullah sempat kedatangan kaum musrikin dan meminta Rosullulah untuk mengambarkan sosok Tuhannya " gambarkan kepada kami bagaimana Tuhan engkau" lalu Allah menurunkan surah al-Ikhlas dari ayat pertama sampai akhir. surah ini diturunkan di mekah, argumen ini diperkuat dengan peristiwa penyiksaan bilal bin rabah oleh majikannya setelah memeluk islam, saat di siksa bilal berseru sambil menahan rasa sakit "Allahu Ahad, Allahu ahad" ucapan bilal ini terinspirasi dari surah al -ikhas, tetapi ada perawi hadist seperti said bin jubair berpendapat bahwa surah al-Ikhlas diturunkan di madinah, dalam riwayat lain yg datang kepada Rosullullah adalah kaum yahudi khaibar mereka berkata  "Hawai Abal Qasim! Allah menciptakan para malaikat dari cahaya hijab, Adam dari tanah liat yang diberi bentuk, Iblis dari api yang menjulang, langit dari awan, dan bumi dari buih air, cobalah terangkan kepada kami tentang hakikat Tuhanmu." Rosullulah belum menjawab pertanyaan itu dan kemudian Jibril datang membawa wahyu surah al-Ikhlas ini untuk menjawab permintaan Yahudi Khaibar. Kontradiksi ini menurut abul a'la maududi karena surah ini diturunkan berulang-ulang di mekah dan di madinah. jika disuatu tempat ada nabi Muhammad dan ada yang mengajukan hal yang sama dengan peristiwa sebelumnya maka ayat atau surah yang sama akan diwahyukan kembali untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Dalam riwayat lain Asbabun Nuzul (sebab turunnya) surah al ikhlas berkaitan dengan kisah suraqoh, saat Rosullullah hijrah ke madinah, kaum musrikin arab membuat sayembara barang siapa yang bisa menyerahkan Muhammad meski kepalanya saja akan di hadiahi seratus ekor unta paling mahal dan bagus, suraqoh tergiur dengan hadiah besar itu, suraqoh pun memacu kudanya itu untuk mengejar Rosullullah dengan pedang siap berhunus, saat mendekati Rosullullah, kuda soraqoh terperosok seolah olah kaki kuda itu di hisap oleh pasir gurun, "ampuni aku Muhammad" Rosullulah kemudian berdoa untuk membebaskan suraqoh dari jebakan pasir gurun, setelah Rosullulah melanjutkan perjalanan, suraqoh kembali menyusulnya untuk membunuh Rosullulah dari belakang, lagi-lagi kuda suraqoh terperosok dan terbenam ke pasir, suraqoh pun tunduk dan bersingkuh di depan Rosullullah "ya Muhammad TuhanMu demikian hebat, siapakah Dia sebenarnya, apakah Dia terbuat dari bahan lebih mulia dari emas dan perak" Rosullullah tertekun lalu turunlah malaikat Jibril menyampaikan wahyu surah al Ikhlas.

Keutamaan
Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa pahala membaca sekali surah Al-Ikhlas sama dengan membaca sepertiga Al-Qur'an sehingga membaca 3 kali surah ini sama dengan menghatam Al-Qur'an. Kisah terkait hadits itu terekam dalam beberapa kisah. Seperti kisah ketika Nabi bertanya kepada sahabatnya untuk mengkhatam Al-Qur'an dalam semalam. umar menganggap mustahil hal itu, namun begitu ali menyanggupinya. umar kemudian menganggap Ali belum mengerti maksud Nabi karena masih muda. ali kemudian membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 3 kali dan Nabi Muhammad membetulkan itu. Dalam hadits-hadits terkait hal ini, keutamaan surah Al-Ikhlas sangat memiliki peran dalam Al-Qur'an sehingga sekali membacanya sama dengan membaca sepertiga Al-Qur'an.
Dalam riwayat Ibnu Abbas disebutkan Nabi Muhammad ketika melakukan Isra' ke langit, melihat Arsy di atas 360.000 sendi dimana jarak antar sendi 300.000 tahun perjalanan. Pada tiap sendi terdapat padang Sahara sebanyak 12.000 dan luas tiap satu padang sahara itu adalah dari timur ke barat. Pada setiap padang Sahara itu juga terdapat 80.000 malaikat dimana setiap malaikat membaca surah Al-Ikhlas dan setelah membaca itu mereka berdoa agar pahala mereka diberikan kepada orang yang membaca al-Ikhlas, laki-laki maupun perempuan. Subhanallah.
Selain itu Nabi Muhammad juga pernah berkata bahwa Qul Huwallahu Ahad (ayat 1) tertulis pada sayap Jibril, Allahus Shamad (ayat 2) pada sayap Mikail, Lam Yalid Walam Yuulad (ayat 3) pada sayap Izrail, dan Walam Yaqullahu Khufuwan Ahad (ayat 4) pada sayap Israfil. Lalu berkaitan dengan sahabat bahwa Qul Huwallahu Ahad (ayat 1) tertulis di dahi abu bakar,  Allahus Shamad (ayat 2) pada dahi umar,  Lam Yalid Walam Yuulad (ayat 3) pada dahi utsman, dan Walam Yaqullahu Khufuwan Ahad (ayat 4) pada dahi ali.   
Sedangkan hadist lain menyebutkan bahwa ketika orang membaca al-Ikhlas ketika sakit hingga ia meninggal, ia tidak membusuk dalam kubur dan akan di bawa malaikat dengan sayapnya melintasi Siratul Mustaqim menuju surga.







.











Tidak ada komentar: