Kamis, 05 Juni 2014

Janji Allah untuk orang-orang beriman

Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberi janji kepada orang-orang beriman, dan janji Allah adalah benar.


Sayangi Iman anda
 
Pengertian Iman

Dari bahasa arab yang artinya percaya, sedangkan menurut istilah, pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan di amalkan dengan tindakan(perbuatan), dengan demikian, pengertian iman kepada Allah SWT adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diiikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.

Iman Kepada Allah SWT
beriman kepada Allah adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi seseorang, Allah memerintahkan agar umat manusia beriman kepadaNya, sebagaimana firman Allah yang artinya :

"wahai orang orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasulNya(Muhammad) dan kepada kitab (Al Quran) yang diturunkan kepada rasulNya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat Nya, kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh" (Q.s An Nisa :136)

Rukun Iman
Adapun Rukun iman itu sendiri terdiri atas 6 rukun antara lain
1. Iman Kepada Allah
2. Iman Kepada para Malaikat
3. Iman kepada Kitab Kitab Allah
4. Iman kepada Nabi dan Rasul
5. Iman kepada Hari Akhir (Kiamat)
6. Iman kepada Qada dan Qadar.

Janji-janji Allah untuk orang-orang Beriman 
diantaranya :

1. Keberuntungan, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
    "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman" (Q.s. Al-Mukminun :1)
2. Petunjuk,  seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
    "Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al-Quran itulah yang hak dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepada-Nya. Dan sesungguhnya Allah  adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus" (Q.s. Al-Hajj :54)
3. Pertolongan,  seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
    "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus sebelum kamu beberapa orang Rasul kepada kaumnya, mereka datang kepadanya dengan membawa keterangan-keterangan (yang cukup), lalu Kami melakukan pembalasan terhadap orang-orang yang berdosa. Dan kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman" (Q.s. Ar-Ruum :47)
4. Kemuliaan/ Kekuatan,  seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
   "mereka berkata : " sesungguhnya jika kita telah kembali ke madinah, benar-benar orang yang kuat akan mengusir orang-orang yang lemah dari padanya". Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah Subhanahu Wa Ta'ala, bagi Rasul-Nya, dan bagi orang-orang mu'min tetapi orang-orang munafik itu tiada mengetahui" (Q.s. Al-Munafiqun :8)
5. Khilafah dan keteguhan di muka bumi, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
  " Dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah berjanji kepada orang-orang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal saleh bahwa dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi,sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan merubah (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa, mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang fasik" (Q.s. An-Nuur:55)
6. Membela orang-orang beriman, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
   "Sesungguhnya Allah Subhanau Wa Ta'ala membela orang-orang yang telah beriman. sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat"(Q.s. Al-Hajj:38)
7. Rasa Aman, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
   "Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan kezaliman(syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.s. Al-An'am :82)
8. Keselamatan, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
    "Kemudian Kami selamatkan rasul-rasul Kami dan orang - orang yang beriman, demikianlah menjadi kewajiban atas Kami menyelamatkan orang - orang yang beriman(Q.s Yunus :103)
9. kehidupan yang baik, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
    " Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan,(q.s. An-Nahl :93)
10. Orang orang kafir tidak bisa menguasai mereka, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
      " (yaitu) orang-orang yang menunggu-nunggu (peristiwa) yang akan terjadi pada dirimu( hai orang-orang mukmin). maka jika terjadi bagimu kemenangan dari Allah mereka berkata :"bukankah kami (turut berperang) berserta kamu?" dan jika orang-orang kafir mendapat keberuntungan (kemenangan) mereka berkata "bukankah kami turut memenangkanmu, dan membela kamu dari orang-orang mukmin?" maka Allah akan memberi keputusan diantara kamu di hari kiamat dan Allah  sekali kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman (Q.s. An-nisa :141)
11. Mendapat berkah, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
   " jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya (Q.s. Al-A'raf : 96)
12. Kebersamaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
      " Jika kamu (orang-orang musyrikin) mencari keputusan, maka telah datang keputusan kepadamu, dan jika kamu berhenti, maka itulah yang lebih baik bagimu, dan jika kamu kembali, niscaya Kami kembali (pula), dan angkatan perangmu sekali kali tidak akan dapat menolak dari kamu sesuatu bahayapun, biarpun dia banyak dan Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala berserta orang-orang yang beriman (Q.s. Al-Anfaal :19)
13. Diberinya Ampunan dan Pahala, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
      " Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal shaleh, (bahwa) mereka ampunan dan pahala yang besar (Q.s Al-Ma'idah :9)
14. Surga, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
      " Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjanjikan kepada orang-orang mu'min lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka didalamnya, dan (mendapat) tempat tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan allah Subhanahu Wa Ta'ala adalah lebih besar itu aalah keberuntungan yang besar (Q.s At-Taubah :72)
15. Melihat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
     " wajah-wajah (orang-orang mu'min) pada hari itu berseri seri, kepada Tuhannyalah mereka melihat. (Q.s. Al Qiyamah :22-23)


Perintah Orang Beriman Untuk Masuk Islam

 bila seseorang telah beriman maka diwajibkan untuk masuk Islam, seperti firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
"wahai orang-orang yang beriman, masuklah kamu semuanya kedalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya dia itu musuh yang nyata bagimu" (Q.s. Al Baqarah :208)

Ayat diatas merupakan seruan, perintah Allah yang ditujukan khusus kepada orang -orang yang beriman, yaitu orang-orang yang mengakui Allah sebagai Tuhan satu-satunya, mengakui para malaikat-Nya, mengakui Al-qur'an sebagai kitab-Nya serta kitab-kitab yang sebelumnya, mengakui Muhammad selaku rasul-Nya, mengakui adanya Hari Akhir, serta mengakui Qada dan Qadar, agar masuk kedalam Islam secara keseluruhan, benar-benar dan sunguh sungguh.

"Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar dan sekali kali janganlah orang orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu mengelisahkan kamu" (Q.s Ar-Rum :60)

 




Tidak ada komentar: